Kamis, 08 November 2012

Cermin Batin

Suatu ketika, Syeikh Ibnu Atha'illah berkata : ”Mastuudia' fi syahadatidz dzawaahiri...” (apa yang tersimpan di dalam kegaiban hati akan teraktualisasikan di dunia maya).

Batin adalah cermin hati yang tak pernah berdusta. Segala hal yang tersembunyi di dalamnya akan tampak dan memberi pengaruh di dalam anggota lahir. Jika batinnya menyimpan makrifat dan cahaya Ilahi maka hal itu akan menjelma pula dalam keteduhan perilaku dan kebagusan akhlak.

Abu Hafshah berkata, ”Indahnya adab secara lahir mencerminkan apa yang tersembunyi di dalam batin.” Karenanya, jika adab lahir seseorang menyimpang mak itulah cermin bagi kekotoran jiwa dan hatinya.

Rasulullah SAW ketika melihat seseorang yang anggota tubuhnya bergerak-gerak dalam shalat, maka beliau menegur dengan berkata : ”Apabila hatimu khusyu' ketika shalat tadi, maka khusyu' pula seluruh anggota tubuhmu.”

Ibnu Athailah kemudian berkata lagi, ”Usahamu untuk mengetahui aib-aib diri yang tersembunyi dalam dirimu adalah lebih baik daripada berusaha menyingkap perkara gaib yang tersembunyi darimu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar